• gambar
  • gambar
  • gambar kepsek
  • wakahumas
  • wakasis
  • tu
  • wakasiswa
  • wakasarana

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG Plus Keterampilan

NPSN : 10263743

Jl.Bandes Balai Gadang Kec. Koto Tangah Kota Padang


admin-131113710003@madrasah.kemenag.go.id

TLP : 0751 497568


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 38688
Pengunjung : 14294
Hari ini : 36
Hits hari ini : 155
Member Online : 0
IP : 3.236.218.88
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Berkarya Tanpa Henti Menuju 4.0




Mengutip terjemahan Al-Quran  dalam surat  Fatir, ayat 39 yang artinya, “Dialah Allah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di muka bumi. Barang siapa kafir, maka (akibat) kekafirannya akan menimpa dirinya sendiri.....” Secara pemaknaan dan penafsiran, penulis menangkap ayat tersebut sebagai suatu perintah dan kewajiban bagi setiap umat manusia. Kita dan semua yang bernyawa untuk selalu bekerja keras, berusaha, dan berkarya tanpa henti.

Mengapa orang sering gagal menggapai kebahagiaan hidup? Ini yang akan menjadi jawaban  karena landasan dan orientasi kehidupan yang dijalaninya  dalam pekerjaan dan aktivitasnya tidak sesuai dengan Fitrah-Nya. Terdapat ketidakseimbangan pada empat kuadran berpikir menurut Ned Herrman pada penelitiannya tentang kreativitas otak manusia dalam menciptakan peluang dan kesempatan kerja.  Pelaksanaan pekerjaan yang menyalahi kodrat diduga sebagai penyebab kegagalan,  ketidakbahagiaan serta ketidaksuksesan seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Mengambil dan menerapkan salah satu kuadran otak Herrman tentang kuadran hidup yang pada prinsipnya setiap orang itu bekerja semata-mata untuk melayani. Makna dari kata bekerja untuk melayani di sini dimaksudkan  bahwa setiap orang memiliki derajat yang sama sebagai umat Tuhan dalam setiap kehidupan. Hal ini tentu saja  berimplikasi bahwa setiap orang  harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk dilayani dengan baik. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari fitrah hidup manusia sebagai  pelayan bagi manusia yang lainnya.

Penanaman sikap dan prinsip hidup melayani ini jika sudah terpatri dalam sanubari setiap orang, maka setiap pekerjaan yang dilakukan kan dilandasi semangat pengabdian pada Allah. Totalitas dalam bekerja akan memunculkan berbagai kreativitas tanpa batas.  Berkarya tanpa henti, terus berinovasi dan berevolusi, serta berotasi sesuai denga garis edar kompetensi dan profesionalisme masing-masing ASN untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik pada semua orang. Jika ini sudah tertanam dengan baik,  maka Allah pun akan memberikan rezeki yang terbaik dari berbagai pintu-pintu rezeki yang tidak diduga manusia. Hal itu aka terlihat  baik dalam bentuk finansial, jabatan atau pangkat, kesehatan, atau bentuk-bentuk kebahagiaan yang lainnya. 

Alam terkembang jadi guru

Kehidupan yang kita jalani ini semuanya berpola pada alam. Allah sudah memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi setiap umatnya melalui alam. Pergerakan alam dengan kompleksitas fenomenanya menjadi perbandingan dan pelajaran yang sesungguhnya bagi umat yang berpikir dan berilmu pengetahuan. Sebagai contoh, bahwa bumi yang kita diami ini kita rasakan hanya diam tidak bergerak. Matahari kita lihat bergerak dari Timur ke Barat. Apakah benar seperti itu?

Pada hakikatnya, pemikiran di atas muncul akibat keterbatasan pengetahuan, pandangan, dan pendengaran kita sebagai manusia. Bumi yang kita huni ini bagian dari planet yang ada di langit yang  pada dasarnya bergerak dan terus bergerak mengelilingi matahari. Matahari tidak bergerak, namun selalu berputar pada porosnya atau sumbunya. Kita, semua manusia yang tinggal di bumi selalu berada dalam kecepatan perputaran 29,783 km/ per detik atau 107.219 km/per jam yang bergerak dari Timur ke Barat dengan kecepatan rotasi 1.674,4 km/jam. Bayangkan, jika itu dapat kita rasakan langsung, mungkin kita akan ketakutan berada di bumi ini. Jika bumi memperlambat kecepatan perputarannya, maka secara otomatis, maka kita siap-siap terlempar jatuh ke ruang angkasa yang hampa udara. Oleh karena itulah, Tuhan menghadirkan segala keterbatasan kepada manusia ciptaannya supaya manusia bisa hidup  dengan tenang dan nyaman.

Kembali kepada falsafah, Alam takambang jadi guru. Untuk dapat menikmati ketenangan dalam hidup, maka manusia haruslah meneladani sifat-sifat alam. Bumi yang terus bergerak teratur dengan kecepatan yang sudah digariskan, matahari yang terus berputar pada sumbunya. Air yang senantiasa mengalir menyirami bumi, awan yang selalu menggantung untuk meneruskan titik-titik air yang menggumpal ke bumi. Demikian juga  angin yang senantiasa bergerak untuk menurunkan hujan pada awan, burung yang selalu berkicau dan berkelompok mencari makan, semut yang selalu berkerumun dan beriring mencari rezeki kesemuanya menjadikan pelajaran bagi setiap manusia dalam menyikapi alam sebagai bagian dari aktivitas pelayanan terhadap manusia lain.  Manusia perlu meneladani bumi yang bergerak selaras dengan alam semesta, dinamis, seimbang tanpa henti dalam batas-batas kadar penciptaannya. Artinya, setiap orang sudah seharusnya  terus berkarya, berkreasi dan berinovasi tanpa henti tanpa bosan dan mengeluh. Pengendalian dan penemuan jati diri hanya dapat diwujudkan melalui berkarya tanpa henti.

Beberapa penghargaan pada masa pandemi

Menghadapi era 4.0 dan menyikapi fenomena pandemi yang terjadi, MAN 3 Kota padang plus Keterampilan terus bergerak dan berkarya baik sebelum, selama, dan pasca pandemi berlangsung. Berbagai kegiatan dan pekerjaan tetap terlaksana dan dilaksanakan meski dengan porsi dan durasi yang lebih pendek karena keterbatasan pelaksanaan akibat pandemi ini. Berbagai kegiatan tetap berjalan normal dan tidak pernah terhenti. Hal ini terbukti dari hasil yang dicapai MAN 3 Kota Padang pada Senin (10/08/2020) menjadi prestasi satu dengan nilai 97,96 dalam hal keaktifan dalam menggunakan anggaran yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang yang bertempat di Aula Kemenag Kota Padang  yang diserahkan oleh Drs, H. Marjanis, M.Pd kepada penulis sendiri, Afrizal, S.Ag. selaku  kepala MAN 3 Kota Padang. Hal ini dapat terlaksana karena seluruh personil ASN MAN 3 Kota Padang terus bekerja dan berkarya tanpa henti, baik dari rumah selama WFH, daring, maupun kegiatan  yang dilaksanakan langsung di madrasah dengan dukungan penuh Kakankemenag Kota Padang pada setiap agenda yang dijalankan madrasah.

Pelaksanaan setiap kegiatan yang sudah diagendakan tentu saja memerlukan kecermatan dan kehati-hatian sesuai dengan program yang sudah direncanakan  dengan aturan yang membolehkannya. Kepiawaian seorang kepala madrasah untuk tetap fokus dengan setiap agenda, disertai dengan  kegigihan dan sumbang saran dari pimpinan yang kesemuanya bertujuan  untuk mensukseskan setiap kegiatan yang diemban madrasah dan kementerian agama kota Padang dalam mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat.

 Pada sisi lain, bentuk kesiapan sarana pendukung di masa pandemi disesuaikan dengan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan. Kekuatan pembelajaran tatap muka di madrasah dijalankan dengan selalu berpedoman kepada kebijakan pemerintah melalui surat keputusan 4 menteri (menteri agama, kesehatan, pendidikan, dan kementerian dalam negeri). Strategi melindungi atau memprotek warga madrasah dari serangan wabah corona dilakukan memutus rantai virus dengan cara tetap dan selalu mematuhi protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan. Menjaga jarak (social distancing, mencuci tangan, memakai masker dan pengukur suhu (thermogun) merupakan kewajiban yang harus dimiliki. Selain itu, kesiapan berkarya tanpa henti juga didukung adanya ruangan UKM yang memadai dan pembentukan satuan gerak cepat/ gugus tugas covid madrasah yang sudah diatur oleh madrasah melalui surat keputusan kepala madrasah bersama komite sekolah.

Selanjutnya, persiapan tatap muka dilakukan dengan cara melengkapi sarana dan paasarana yang dibutuhkan. Selain itu, kegiatan pembelajaran selama pandemi diadakan dalam bentuk  mereview kembali pembelajaran yang dimungkinkan belum dipahami oleh siswa, terutama siswa kelas XII yang akan mengikuti AKM dan persiapan menuju ke pentas perguruan tinggi melalui SPAN PTKIN dan SNMPTN 2021.  Hasil dari penilaian selama proses pembelajaran daring semester Ganjil tahun yang lalu menunjukan hasil yang cukup menggembirakan dan  sesuai dengan protokoller kesehatan covid-19. Evaluasi pembelajaran selama daring menjadi perhatian penuh dari madrasah dan disongsong dengan pembelajaran tatap muka yang dimulai awal Januari 2021 dengan menggunakan sistem shift  dan pergantian belajar tiap minggunya.

Beberapa kebijakan dan aturan teknis terkait PBM selama pandemi

Untuk menghindari hal-hal dan kemungkinan teknis yang akan terjadi selama pembelajaran tatap muka, maka madrasah juga mempersiapkan sarana madrasah sesuai dengan Pelaksanaan Aturan Standar (PAS) protokoller kesehatan covid-19.  Pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang diharuskan adanya pernyataan izin dari orang tua, komite, dan pemerintah kota. Selanjutnya, dalam kegiatan pembelajaran, melengkapi bahan ajar, program mengajar, dan jadwal supervisi menjadi skala prioritas guru untuk dapat mempersiapkan dan melaksanakannya sebaik mungkin dan diharapkan siap pada akhir semester genap nanti.

Berkarya dan bekerja tanpa henti juga terlihat dari kegiatan akademik madrasah dalam menghadapi KSMO 2021 yang dipersiapkan secara matang pada semester genap 2021. Hasil KSMO 2020 menjadi pembelajaran yang berharga bagi madrasah dengan segenap personil ASN nya untuk dapat menghasilkan yang terbaik pada masa yang akan datang.

Berkarya tanpa henti  pada masa pandemi

Beberapa kegiatan yang lain juga diselenggarakan tanpa henti selama covid-19 dengan bentuk yang berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini dapat terlihat dari keikutsertaan madrasah dalam memeriahkan HAB Kemenag ke-75 dalam bentuk ikut menyukseskan dan mendukung program zakat yang telah dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat.

Penyambutan peringatan hari guru nasional yang ke-75 juga tak luput dari agenda madrasah pada hari rabu, 25 November 2020 yang bertempat di aula madrasah. Acara ini dilaksanakan denga pen uh khidmat dengan berbagai kegiatan yang bermakna. Kegiatan ini  dihad iri oleh beberapa orang siswa dalam jumlah yang dibatasi untuk mengiringi penampilan kelompok kesenian marching banda Symponi Mantigo Community yang sudah mengharumkan nama madrasah dan Kemenag Kota Padang melalui berbagai event yang diadakan baik tingkat Sumbar maupun se-Sumatera.

Kegiatan lain yang tidak kalah memotivasi tenaga pendidik dan kependidikan di hari Guru adalah berupa penganugerahan guru inspiratif tahun 2020 yang diberikan kepada pegawai, operator, dan pelatih yang berdedikasi tinggi membawa perubahan besar pada madrasah. Diantara penganugerahan yang diberikan madrasah adalah penulis buku berdedikasi, pembina dan olimpiade dan pelatih KSMO Biologi berdedikasi, Operator dan pelatih KSMO Matematika, Geografi, Ekonomi, Fisika berdedikasi, pengelola ZI RB berdedikasi, operator keuangan berdedikasi, tenaga kependidikan berdedi kasi, pelatih marching band berdedikasi, pelatih pramuka berdedikasi, serta pelatih musikalisasi puisi berdedikasi yang kesemuanya telah berhasil menorehkan tinta emas pada Madrasah di tahun 2020 dengan motto dan slogan berkarya tanpa henti. Pemberian penghargaan juga diberikan sebagai apresiasi kepala madrasah kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang telah mendermakan tenaga dan pikiran untuk membawa nama baik siswa dan madrasah menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dengan berbagai motivasi dan perubahan.

Kegiatan lain yang diadakan pada masa pandemi adalah berbagai kegiatan rapat meeting bulanan, pra-semester, dan semester dengan sederet agenda pembahasan. Diantara hal penting yang dibahas terkait dengan evaluasi yang berkelanjutan.  Pembelajaran daring menjadi fokus perhatian penuh dari madrasah dan disonsong dengan pembelajaran tatap muka awal Januari 2021. Hal itu dilakukan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana madrasah  merujuk dan berpedoman kepada Pelaksanaan Aturan Standar (PAS) protokoler kesehatan selama covid-19.

Makna dan hakikat pengelolan madrasah “Berkarya tanpa henti”

Berbagai bentuk pelaksanaan kegiatan madrasah selama pandemi dan menyonsong pasca pandemi di atas dengan semboyan alam terkembang jadi guru, berkarya terus tanpa henti, ada beberapa hal yang dapat diambil sebagai sebuah kesimpulan, diantaranya, pertama, berhentilah kita berpikir untuk diri sendiri dan mulailah berpikir untuk melakukan yang terbaik untuk sesama umat.  Setiap manusia terlahir di dunia dengan kodrat illahi yakni menjadi pelayan bagi sesama manusia, memberikan yang terbaik, dan kebaikan yang bermanfaat bagi alam dan manusia yang lain. Hal ini sejalan dengan konsep hablumminannas menuju hablumminallah. Hal ini juga dapat dipahami sebagai suatu keterbatasan dalam konteks yang tidak mempribadi. Misalnya, hanya dibatasi pada hal-hal yang umum dan yang patut dibantu saja.

Kedua, pemimpin madrasah berperan penting dalam menetapkan program atau agenda yang jelas dan transparan dan upaya-upaya yang dilakukan untuk merealisasikannya. Pemimpin menjadi sosok yang sangat penting dalam mengarahkan semua stake holder dan ASN madrasah yang terlibat untuk fokus pada tujuan bersama,  selalu bekerja dan berkarya tanpa henti dengan dilandasi semangat dan motto alam terkembang jadi guru.

Ketiga, setiap pemimpin atau kepala madrasah harus mampu mengarahkan seluruh ASN untuk berkreasi dalam melakukan berbagai terobosan dan inovasi sekaligus berkompetensi mengelola berbagai perubahan tersebut. Perubahan ada lah sebuah proses yang wajar sebagai bentuk evolusi perkembangan alam dan perputaran bumi mengelilingi matahari dari Timur ke Barat yang berlangsung secara terus-menerus. Kemampuan untuk mengelola perubahan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua ASN madrasah. Dengan kemampuan mengelola perubahan itu, maka setiap orang akan dapat  membuat sebuah perubahan yang sebenarnya diinginkan oleh banyak orang.

Terakhir, sebagai penutup, penulis menghimbau untuk tetap terus berkarya tanpa henti dengan prinsip dan semboyan menjadi pelayan bagi sesama, memberikan yang terbaik  untuk sesama, bulatkan tekad, terus berkarya, dan pantang menyerah. Tiada kesuksesan tanpa upaya dan kerja keras yang terus-menerus tanpa henti. Tidak akan ada hal-hal yang sia-sia ketika usaha telah dimaksimalkan. Jariah manantang buliah (setiap keringat yang dikeluarkan pasti mendapat pahala dan dibalasan di sisi Allah). Menanam dulu baru akhirnya bisa memanen.

Secara psikologis, dalam berkarya tanpa henti, dimaknai bahwa  setiap ASN madrasah harus membuat dirinya merasa nyaman dengan setiap sesuatu  yang dilakukan dan diperjuangkannya. Itu adalah modal utama dalam berkarya tanpa henti. Selalu menjadi diri sendiri, menghidupi diri, dan hidup dalam pilihan diri sendiri sebagai kekutaan untuk bergerak. Senantiasa bersyukur atas sesuatu yang sudah dimiliki sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Pandemi di samping sebagai sebuah musibah, juga menjadi  portal, pintu gerbang antara satu dunia ke dunia yang lain, dunia lama dan dunia baru. Dunia yang sekarang, melalui pembelajaran daring memiliki wajah baru dalam dunia pendidikan. Hal ini berarti bahwa pembelajaran daring menjadi sebuah keharusan, membiasakan diri bekerja dari layar, menguasai teknologi digital pembelajaran menjadi kunci untuk terus berkarya tanpa henti pada masa sekarang ini. Kesuksesan pada masa pandemi dapat diartikan  sebagai suatu kemenangan pertarungan  dalam menjaga kemampuan diri mengikuti protokoller kesehatan dan  menjaga kesehatan mental sehingga tetap produktif dan waras  di tengah ancaman wabah. Produktif untuk selalu melayani kepentingan sesama dan berkarya tanpa henti dalam konteks “Alam terkembang jadi guru.” (Af)***




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : ejevirajava -  [ezeqanaqi@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Udoewex <a href="http://slkjfdf.net/">Agagemut</a> qal.niuo.man3kotapadang.sch.id.wzw.qv http://slkjfdf.net/

Pengirim : iqiivemuj -  [utawut@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Umakajo <a href="http://slkjfdf.net/">Ugyuse</a> mou.jwnd.man3kotapadang.sch.id.ptq.hk http://slkjfdf.net/

Pengirim : ihcalikifqzo -  [iwokecet@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Uvujiid <a href="http://slkjfdf.net/">Anemepu</a> sac.rhft.man3kotapadang.sch.id.gux.gh http://slkjfdf.net/

Pengirim : ogurozuyeode -  [epiaqoc@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Amexoteho <a href="http://slkjfdf.net/">Eqakqnu</a> qmy.wtgq.man3kotapadang.sch.id.pjp.yp http://slkjfdf.net/

Pengirim : izupenig -  [ewukre@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Ibevuyi <a href="http://slkjfdf.net/">Omolijniv</a> qyp.fixg.man3kotapadang.sch.id.bxl.wh http://slkjfdf.net/

Pengirim : ehamaimuxasa -  [inwaruu@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 20/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Avijoqef <a href="http://slkjfdf.net/">Ixicuquf</a> tae.ginl.man3kotapadang.sch.id.mhu.cc http://slkjfdf.net/

Pengirim : osajiqimif -  [avdufalod@elesa.sibicomail.com]  Tanggal : 16/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Adizafixu</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Izaajimu</a> bda.kcat.man3kotapadang.sch.id.vcw.py http://slkjfdf.net/

Pengirim : uhevivifumete -  [iwimofop@elesa.sibicomail.com]  Tanggal : 16/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Exosowuv</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Uzupeped</a> iay.epxj.man3kotapadang.sch.id.vrp.zz http://slkjfdf.net/

Pengirim : edaulevqoega -  [olidea@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 15/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Exewona</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Aagereot</a> mcj.wrgc.man3kotapadang.sch.id.xzw.yt http://slkjfdf.net/

Pengirim : ehuyagujaq -  [iqowirexx@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 15/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Uieugeq</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Urfeozo</a> hid.mtbt.man3kotapadang.sch.id.kmu.eu http://slkjfdf.net/

Pengirim : opebegao -  [ohupowu@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 15/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Usucosqax</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Eiwmaho</a> hsi.nfrx.man3kotapadang.sch.id.quy.te http://slkjfdf.net/

Pengirim : ucoruapohot -  [ehixewi@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Ebovejehi <a href="http://slkjfdf.net/">Ugiyiwe</a> xdp.vghf.man3kotapadang.sch.id.gaa.ey http://slkjfdf.net/

Pengirim : ujepupavefo -  [aekebu@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Ezawuxa <a href="http://slkjfdf.net/">Itevuqe</a> wlj.dhlo.man3kotapadang.sch.id.lbr.hp http://slkjfdf.net/

Pengirim : ucuwitid -  [opuchau@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Isisug <a href="http://slkjfdf.net/">Imaregbi</a> duu.lzve.man3kotapadang.sch.id.nbc.ql http://slkjfdf.net/

Pengirim : ulimalal -  [aldule@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Fonijua <a href="http://slkjfdf.net/">Ekicijet</a> htp.tazl.man3kotapadang.sch.id.agt.tt http://slkjfdf.net/

Pengirim : oyibuxo -  [otujijobi@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Iskotah <a href="http://slkjfdf.net/">Eyalocro</a> vtk.gvzk.man3kotapadang.sch.id.mqr.ym http://slkjfdf.net/

Pengirim : uruvajunes -  [ojuxeoha@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 13/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Erasae <a href="http://slkjfdf.net/">Odehivee</a> uor.fkah.man3kotapadang.sch.id.xwm.cn http://slkjfdf.net/

Pengirim : imegoleir -  [udilifipe@exivu.sibicomail.com]  Tanggal : 10/06/2021
http://slkjfdf.net/ - Atubobo <a href="http://slkjfdf.net/">Uxubineg</a> ivs.ljre.man3kotapadang.sch.id.vsg.hv http://slkjfdf.net/


   Kembali ke Atas