• gambar
  • gambar
  • gambar kepsek
  • wakahumas
  • wakasis
  • tu
  • wakasiswa
  • wakasarana

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG Plus Keterampilan

NPSN : 10263743

Jl.Bandes Balai Gadang Kec. Koto Tangah Kota Padang


admin-131113710003@madrasah.kemenag.go.id

TLP : 0751 497568


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 66676
Pengunjung : 23952
Hari ini : 70
Hits hari ini : 277
Member Online : 0
IP : 35.170.82.159
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

STOP EDITING!!! TULISLAH DAN TULISLAH (Oleh: Irdawati, S.Pd.,M.A)




Agar tulisan yang dihasilkan lebih berkualitas, sebelum mengirimkan dan mempublikasikan tulisan tersebut, maka  penulis harus melakukan editing mandiri terlebih dahulu sebelum sampai ke meja editor mayor.  Editing yang dilakukan tersebut tentu saja berkaitan dengan pesan sponsor yang disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Apa saja bentuk editing yang dilakukan bagaimana teknik  mudah melakukannya? Mari kita simak tips-tips berikut ini!

  1. Editing Isi

Menulis sebagai sebuah bentuk komunikasi tertulis dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau amanat kepada pembaca atau penikmat tulisannya.  Agar pesan yang hendak disampaikan dapat terpahami dengan mudah oleh pembaca, maka penulis seyogyanya memastikan dahulu tulisan yang dibuat tersebut sudah ditulis secara baik dan benar. Hal itu  dapat dimaksudkan bahwa satu kata saja yang salah atau menimbulkan tafsiran yang beragam, secara otomatis, pesan yang hendak disampaikan menjadi tidak jelas atau bias. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa ynag umum dengan kaidah bahasa yang benar serta penyampaian yang menarik agar tulisan kita dibaca oleh orang lain. Jika dtulisan kita dapat dipahami secara baik oelh pembacanya, otomatis pesan yang hendak disampaikam pun akan mudah dicerna oleh pembaca.

 

  1. Editing Gaya Bahasa

Editing gaya bahasa diperlukan supaya tercapai kesesuaian atau keserasian. Penggunaan gaya bahasa formal dan nonformal pada awal dan akhir tulisan harus lebih diperhatikan. Konsistensi terhadap gaya dan pola berbahasa harus diperhatikan karena di sanalah terletak salah satu kualitas tulisan yang kita hasilkan.

 

  1. Editing Kosa Kata

Penggunaan kosa-kata tertentu yang berulang-ulang akan terasa membosankan pembaca. Oleh karena itu, ketika melakukan proses editing, perhatikan penggunaan kosa kata tertentu yang berulang-ulang. Jika hal tersebut ditemukan ketika melakukan proses editing, maka sebaiknya, pikirkanlah pengganti kata tersebut dengan kata yang bermakna sama biar tulisan yang kita hasilkan lebih hidup dan bervariasi. Selain itu, perhatikan juga penggunaan kosa kata yang berlebih-lebihan sehingga dikhawatirkan nantinya aka mengacaukan makna dan pesan-pesan yang akan disampaikan.

 

 

  1. Editing Paragraf

Dalam melakukan editing paragraf ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya, (1) Apakah masing-masing paragraf yang ditulis sudah menjalin satu kesatuan makna? (2) Apakah sudah terdapat keserasian hubungan antarpargraf yang membentuk tulisan? Jika  paragraf terlalu pendek dan belum membentuk satu kesatuan makna, maka sebaiknya diputuskan apakah akan ditambah paragraf tersebut? Paragraf yang terlalu pendek akan menyebabkan pesan atau makna ynag akan ditulis tidak akan sampai.

Sebaliknya, paragraf yang terlalu panjang dikhawatirkan akan merusak atau mengacaukan makna atau pesan yang akan disampaikan pada pembaca. Selain itu, paragraf dengan kalimat-kalimat yang terlalu panjang akan menyebabkan kelelahan bagi pembacanya. Jika hal ini terjadi, alangkah baiknya diedit lagi dan dipilah lagi menjadi dua atau tiga paragraf. Paragraf berfungsi  untuk memberi jeda agar tidak melelahkan pembaca. Edit paragraf juga bisa bermakna, “Apakah paragraf satu dengan yang lain itu sudah memiliki keserasian?”

 

  1. Editing Sistematika

Pertanyaan yang dapat ditimbulkan ketika melakukan editing sistematika adalah “Apakah sudah terpenuhi keterkaitan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain?” Jika terdapat hubungan yang terpisah atau melompat-lompat, maka sebaiknya lakukan editing terhadap tulisan tersebut. Penyusunan outline atau kerangka awal tulisan ketika hendak memulai tulisan sangatlah membantu permasalahan ini.

 

  1. Editing Tanda Baca

Penggunaan tanda baca yang benar dan sesuai kaidah atau pedoman berbahasa haruslah lebih diperhatikan dan dipentingkan dalam sebuah tulisan. Kita bisa memahami kaidah penggunaan tanda baca yang benar dalam bahasa Indonesia berdasarkan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Hal tersebut dimaksudkan tentu saja agar tulisan yang kita hasilkan lebih bermakna dan mencapai sasaran dari pesan yang hendak kita maksudkan.

 

  1. Editing Akhir

Setelah semua komponen editing sudah kita lakukan, maka langkah terakhir kita masih perlu untuk membaca ulang keseluruhan teks atau wacana yang kita tulis tersebut. Pastikan bahwa tulisan kita sudah sempurna sesuai dengan pesan yang hendak kita sampaikan.

 

Secara kesimpulan, ternyata, pekerjaan mengedit itu lebih sulit daripada menulis. Oleh karena itu, pisahkanlah  antara menulis dengan mengedit. Editing dilakukan setelah tulisan kita sudah berhasil kita rampungkan. Artinya, jangan lakukan editing apapun ketika kita sedang menulis. Ide-ide yang mengalir akan terhambat bahkan kehilagan ide jika proses editing kita lakukan sewaktu kita menulis.

 

Berikan jeda waktu antara menulis dengan mengedit sambil memulihkan atau menyegarkan kembali pikiran-pikiran yang sudah dipenuhi tulisan dan ide. Pada saat editing, kita perlu kembali menggali pikiran-pikiran dan ide-ide yang dapat muncul ketika melakukan editing. Editing memerlukan daya fokus dan konsentrasi yang tinggi agar tulisan yang kita hasilkan dapat berkualitas. Selain itu, durasi waktu untuk melakukan editing full terhadap naskah ternyata lebih banyak daripada menulis itu sendiri. Proses editing naskah memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. (IR/18/02




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas