• gambar
  • gambar
  • gambar kepsek
  • wakahumas
  • wakasis
  • tu
  • wakasiswa
  • wakasarana

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PADANG Plus Keterampilan

NPSN : 10263743

Jl.Bandes Balai Gadang Kec. Koto Tangah Kota Padang


admin-131113710003@madrasah.kemenag.go.id

TLP : 0751 497568


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 66598
Pengunjung : 23936
Hari ini : 54
Hits hari ini : 199
Member Online : 0
IP : 35.170.82.159
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

MENULIS SEMUDAH BERNAFAS (Oleh : Irdawati, S.Pd.,M.A)




Membaca judul “Menulis Semudah Bernafas” Apakah benar menulis semudah bernafas? Yuk, kita simak informasi berikut ini.

Pernyataan analogi pada judul tentang mudahnya menulis dimaksudkan untuk menghilangkan begitu banyak ketakutan dan kekhawatiran bagi banyak orang untuk memulai sebuah proses penulisan. Ternyata, menulis itu tidak sesulit yang kita bayangkan dan takuti. Saking mudahnya menulis tersebut, maka diibaratkan bahwa menulis itu semudah kita bernafas. Tanpa perlu berpikir, setiap detik dan menit, kita dapat bernafas.   Proses bernafas akan menjadi mudah jika hal tersebut dilakukan secara natural dan alamiah, tanpa tekanan dan keterpaksaan. Nafas akan mengalir seperti air terkadang tanpa kita sadari.  

Begitu juga halnya dengan menulis. Proses menulis menjadi mudah karena menulis tidak membuat kita perlu berpikir. Kita menulis tentang semua hal yang kita pikirkan dan yang kita ketahui. Tulisan  akan mengalir dengan sempurna dan  mudah seperti aliran nafas yang keluar dan masuk tanpa kita sadari. Menulis akan menjadi hal yang sulit jika kita mencampuradukkan antara pekerjaan menulis dengan mengedit. Menjadi editor lebih sulit daripada menjadi penulis.

Supaya menulis semudah bernafas, maka pisahkan antara pekerjaan menulis dengan mengedit. Artinya, jangan berpikir salah atau mengedit ketika kita sedang menulis. Tuliskan semua  yang Anda  pikirkan dan ingin tuliskan. Biarkan semua kesulitan dan kesalahan  bertumpuk pada waktu editing. Ketika kata, kalimat, atau paragraf belum sempurna atau  belum tersambung, maka lalui saja. Abaikan saja dulu!  Nanti saat editing Anda perbaiki. Kunci utama  agar menulis semudah bernafas adalah ketika kita sudah berhasil memisahkan  antara pekerjaan menulis dengan mengedit.

Lakukanlah kegiatan menulis secara kontinue tiap hari  agar menulis menjadi mudah dan lancar. Untuk para penulis pemula, latihkanlah menulis dengan cara-cara yang mudah. Menuliskan kegiatan harian yang telah Anda jalani pada hari kemarin akan membuat Anda mudah menuliskannya. Beberapa pertanyaan yang Anda ajukan untuk menggali ingatan Anda kembali buat dituliskan seperti contoh (1) Kemarin,  seharian Anda mengerjakan apa saja? Hal-hal yang Anda tulis misalnya mencakup urutan kegiatan yang Anda kerjakan selama satu hari kemarin. Kumpulkan semua ingatan Anda tentang hal tersebut! Lalu,  tuliskanlah  semua apa yang Anda  ingat dari awal hingga akhir kegiatan dalam satu hari kemarin. Yang perlu Anda ingat adalah Ketika  Anda menulis, yang ditulis  hanyalah kegiatan  kemarin tentang hal-hal yang masih diingat.

Menulis dengan mudah juga dapat Anda latihkan dengan cara menuliskan  rencana kegiatan Anda besok pagi melalui beberapa pertanyaan, seperti, (a) Besok Anda mau mengerjakan apa saja seharian ? Tuliskan rencana tersebut selama satu hari; (b) bila Anda berada di kantor atau sekolah, Anda akan mengerjakan hal-hal apa saja? (c) Setelah pulang, apa yang akan Anda  kerjakan hingga Anda  kembali beristirahat? Tuliskan semua rencana yang akan Anda lakukan tersebut ke dalam bentuk tulisan. Tuliskan  saja sampai selesai! Abaikan semua typo dan tanda baca yang Anda anggap salah!

Selanjutnya, membaca sebuah buku juga dapat melatih Anda menulis dengan mudah. Tidak usah semua isi buku tersebut Anda baca. Cukup Ambil bagian yang Anda ingin baca saja! Kemudian, ringkaslah buku tersebut sesuai dengan gaya tulisan tulisan Anda sendiri. Khusus untuk menulis artikel, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah dengan cara membaca satu buah artikel yang Anda pilih. Setelah itu, Anda tulis ulang kembali artikel tersebut dengan bahasa Anda sendiri.

Menulis semudah bernafas juga dapat Anda lakukan melalui peran serta Anda dalam sebuah forum seperti seminar, workshop, diklat, atau webinar. Bahkan pertemuan-pertemuan kecil di forum apapun.  Ikuti satu forum. Kemudian, Anda tuliskan hal-hal penting dan menarik yang disampaikan dalam forum tersebut. Tuliskan semua hal yang Anda dengar dan Anda ingat!

Hal-hal menarik lainnya untuk membuat Anda mudah menulis, selain dari hal-hal di atas, dapat Anda lakukan juga melalui menonton film apa saja dan dimana saja. Hal tersebut dilakukan tentu saja dengan cara menonton film tersebut dari awal hingga akhir. Setelah itu, menuliskan ulang alur cerita dari film yang Anda tonton tersebut!

Menulis semudah bernafas yang lebih Anda nikmati juga dapat dilakukan melalui perjalanan hidup Anda sendiri. Tuliskanlah  riwayat hidup Anda dalam bentuk narasi (penceritaan). Tuliskan tentang semua perjalanan hidup Anda sejak lahir hingga sekarang. Tuliskan kisah pertemuan pertama Anda dengan pasangan Anda. Sesuatu yang berkesan tidak akan mudah hilang dari ingatan Anda.  Tuliskan semua hal yang menjadi pengalaman paling berkesan dalam hidup Anda.

Terakhir, menulis yang begitu mudah dapat Anda lakukan ketika Anda mengungkapkan semua keluhan dan kesulitan yang Anda hadapi ketika menulis. Berbagai hambatan, kendala, keresahan, dan rasa pesimisme Anda dalam menulis adalah hal yang paling mudah untuk Anda tuliskan. Perasaan yang ada dalam pikiran dan perasaan yang Anda alami akan menjadikan Anda begitu mudah untuk menuangkan kata-kata, kalimat, bahkan paragraf demi paragraf ke dalam bentuk tulisan.

Ketika menulis, menulis  saja! jangan mikir! agar menulis menjadi mudah. Jika menulis masih terasa berat dan sulit, maka gunakan aplikasi yang ada di ponsel pintar Anda! Gunakanlah formula BRT (Bicara, Rekam, Tulis). Belajar menulis itu ibarat naik  motor atau mobil. Awal mula belajar, masih takut-takut dan khawatir jatuh atau menabrak hingga akhirnya bisa mengendarai mobil dengan lancar dan bahkan melaju sangat kencang. “Kapan Anda merasakan lancar naik motor dan mobil?”.  Lancar naik motor dan mobil setelah sekian lama mengendarai mobil atau motor.  Anda bisa menyetir mobil tiap hari dengan tenang dan lancar jika Anda sudah  membiasakan membawa mobil Anda setiap hari. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, rutinkanlah  menulis setiap hari. Menulis, menulis, dan menulis. (IR***18/02)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas